Senin, 19 November 2012

PENTINGKAH MATEMATIKA??





matematika sering dicapkan sebagai mata pelajaran yang mengerikan, dan dijadikan momok bagi mayoritas, padahal ilmu matematika sangat berguna dalam kehidupan nyata. beberapa alasan matematika tidak disukai antara lain yang sering diutarakan yaitu: sulit dimengerti, ribet, rumusnya banyak,tidak da manfaatnya dan masih banyak lagi.
sebenarnya secara teori, materi pada matematika hanya membahas masalah yang sama contohnya: geometri, aljabar, trigonometri dan lain-lain dilamnya hanya membahas rumus yang sama, walupun ada perubahan yang berubah hanyalah contoh dan pengembangan dari rumus itu sendiri. berbeda dengan ilmu sosial,ilmu sosial sangat tergantung dengan keadaan atau sikon suatu bangsa dan zaman,sehingga bila dibandingkan matematika dengan ilmu sosial,ilmu sosial lebih sulit dibandingkan dengan matematika itu sendiri.

pengertian matematika

sebelum membahas pentingnya matematika, kita harus tahu terlebih dulu apa itu matematika? sebenarnya matematika itu sendiri sangat sulit untuk diartikan dengan tepat, ada beberapa pengertian matemamatika yang diungkapkan oleh ahli, salah satunya yaitu: NRC (1989:31) menyatakan dengan singkat bahwa: “Mathematics is a science of patterns and order.” Artinya, matematika adalah ilmu yang membahas pola atau keteraturan (pattern) dan tingkatan (order). De Lange (2004:8) menyatakan lebih terinci:
Mathematics could be seen as the language that describes patterns – both patterns in nature and patterns invented by the human mind. Those patterns can either be real or imagined, visual or mental, static or dynamic, qualitative or quantitative, purely utilitarian or of little more than recreational interest. They can arise from the world around us, from depth of space and time, or from the inner workings of the human mind.
jadi, dari pernyataan diatas jelas menyebutkan bahwa matematika adalah ilmu yang membahas pola, tingkatan, yang berhubungan dengan pikiran manusia.

2 komentar:

  1. ANDRI
    sngat btul skli .....................trus bagaimna cranya supaya anak ni suka dlm peljaran MTK?

    BalasHapus
  2. Pada umumya ilmu pengetahuan berasal dari perhitungan yang terperinci dan detail untuk itu sedini mungkin seorang anak diajarkan tentang perhitungan (matematika) selain Ilmu tentang Agama karena tanpa agama maka mereka tidak akan bisa mengerem mana yg baik dan mana yg tidak baik di dunia ini,
    Sebagai Contoh ilmu komputer ternyata berdasar pada perhitungan matematika yaitu kode. Biner (binary code) yg merupakan 2 angka yaitu angka 0 dan 1. Bukan begitu pak dedy
    (From : Indasah 2011286207P0103 PAUD)

    BalasHapus